Kamis, 16 Juni 2016

Perkembangan Kemajuan Teknologi

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  telah berkembang pesat di dunia dan tidak ketingggalan di negeri tercinta Indonesia. Banyak orang indonesia yang turut berkecimpung di dalam kemajuan IPTEK. Namun kita sebagai individu harus benar-benar bisa mengaplikasikan dan menggunakan IPTEK ini sebaik mungkin.
Namun indonesia masih jauh tertinggal dengan negara yang sudah maju dalam bidang iptek ini. Berikut ulasan tentang masalah penyebab ketertinggalan inidonesia dalam bidang IPTEK :
  1. Terbatasnya jumlah orang Indonesia yang mendapat pendidikan terutama pendidikan tinggi.Hal ini juga dikarenakan faktor kemiskinan di indonesia sehingga membuat generasi lebih tertarik mencari uang daripada bersekolah untuk mengembangkan IPTEK mereka.
  2. Masyarakat Indonesia jarang terlibat langsung dalam pengembangan IPTEK, kurang berani mencoba berinovasi juga point minus yang dimiliki oleh individu di Indonesia dalam pengembangan IPTEK
  3.  Kurangnya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat indonesia sendiri.
Manfaat Kemajuan Teknologi Untuk Manusia
Beberapa orang beranggapan bahwa kemajuan teknologi yang pada saat ini mempunyai dampak yang negatif bagi kehidupan manusia itu sendiri. Seperti terjadinya kerusakan alam hutan yang terjadi karena teknologi pemotongan hutan menggunakan alat berat. Kondisi yang seperti inilah yang menyebabkan orang menganggap kemajuan teknologi memiliki dampak negatif.
Di sisi lain juga, banyak orang yang menganggap teknologi mempunyai peran besar dalam peningkatan kualitas hidup manusia di dunia ini. Untuk itulah teknologi harus tetap diupayakan untuk terus berkembang.
Tetapi, secara umum teknologi memang harus terus dikembangkan  sebagai upaya untuk terus mencari inovasi sebagai perbaikan kehidupan manusia. Oleh karena itu, tujuan dari teknologi yaitu untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia tanpa merusak lingkungan alam sekitar kita.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan ada beberapa manfaat yang dapat disimpulkan, diantaranya adalah :
  • Membantu manusia untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan mereka secara lebih baik dan lebih efisien.
  • Memotivasi manusia untuk terus berpikir untuk menciptakan perubahan-perubahan dan perbaikan dalam menciptakan teknologi baru.
  • Membantu manusia mengenal sejarah dan memprediksi mengenai fenomena yang akan      terjadi di masa mendatang. Seperti memprediksi terjadinya gerhana bulan dan matahari, memprediksi peristiwa yang terjadi di tatasurya atau juga memprediksi bencana alam.
Beberapa perkembangan tekhnologi yang sering kita gunakan antara lain seperti Handphone, Motor dan Internet yang semakin hari semakin menampakkan kemajuannya. Mari kita sebagai individu menggunakan dan memanfaatakn kemajuan teknologi ini sebaik mungkin agar bermanfaat baik bagi diri kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar